Saat Iklan di OTT Lebih Efektif
Periklanan

Saat Iklan di OTT Lebih Efektif

Industri televisi dan platform over-the-top (OTT) terus bersaing memperebutkan kue iklan dari pemasar. Dari sisi efektivitas menjangkau audiens, OTT terbilang paling unggul.

 

OlehTri Kurnia Yunianto

Seiring dengan perkembangan industri konten di Indonesia maupun secara global, layanan Over The Top (OTT) semakin menggantikan televisi. Bahkan, tak jarang konten televisi disiarkan pula di OTT sebagai bentuk adaptasi televisi guna mempertahankan penontonnya. Cara masyarakat Indonesia mengonsumsi konten televisi saat ini telah berubah secara signifikan bersama dengan pertumbuhan OTT.

Perusahaan periklanan, The Trade Desk bersama dengan Milieu Insight mengeluarkan hasil penelitian terbaru bertajuk The Future of TV is With OTT. Dalam laporan tersebut, sebesar 84% pemasar mengaku iklan pada platform OTT lebih efektif mendapatkan perhatian penonton dibandingkan melalui layanan televisi tradisional atau TV linier. Hasil penelitian menyebut, OTT merupakan media dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia yang diproyeksikan mencapai nilai US$ 1,2 miliar atau setara Rp 18,9 triliun (kurs Rp 15.696 per US$) pada tahun 2023.

Hal tersebut mendorong merek untuk beriklan pada media OTT dibandingkan media massa lainnya. Laporan ini didasarkan pada studi kuantitatif khusus dengan melibatkan responden yang berprofesi se

MarketeersMAX

Anda harus berlangganan lebih dulu untuk mengakses semua konten premium ini. Apabila Anda sudah berlangganan, silakan klik tombol Login.